Beranda / Destinasi / Sawah Lunto

Sawah Lunto

Tempat Wisata Menarik di Lembah Segar Sawahlunto

Jika ditempuh dari Padang, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 95 km dengan menggunakan kendaraan mobil atau melalui jalur darat menuju sawahlunto. Banyak sekali tempat wisata yang terdapat di kota ini yang tidak kalah dengan wilayah manapun di Sumatera Barat bahkan satu daerah saja sudah memiliki beberapa spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan sama sekali apalagi bagi Anda yang menyukai alam dan pemandangan indah.

Tempat Wisata Wajib Kunjung di Sawahlunto

Salah satu wilayah Kecamatan di Sawahlunto yang menyimpan banyak potensi wisata yang indah adalah lembah Segar dan beberapa spot yang dapat Anda kunjungi adalah:

• Puncak Polan
Bila ingin menikmati pemandangan kota indah di Sumatera barat ini dengan jelas bahkan dari ketinggian, maka Puncak Polan adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Bahkan dari ketinggian di puncak bukit ini, Anda dapat melihat banyak sekali bangunan bersejarah yang sangat tua namun masih indah dan dibiarkan begitu saja sehingga tampak original. Namun saat paling baik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat pagi hari sebab disini Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise. Sementara di malam hari. Anda bisa menikmati pemandangan cantik lampu-lampu kota yang menyala. Puncak Polan ini adalah bukit yang ditumbuhi dan dikelilingi oleh alam yang hijau. Lokasi bukit ini berada di Lembah Segar dan membutuhkan 2 jam perjalanan saja dari pusat kota itu.
• Lubang Mbah Suro
Bukan hanya pemandangan alam maupun wisata air yang Anda temukan di wilayah ini melainkan Anda juga bisa mengunjungi situs bersejarah maupun budaya yang terdapat di wilayah sama dan salah satunya adalah Lubang Mbah Suro. Bagi banyak penduduk lokal disana, Lubang Mbah Suro merupakan situs bersejarah yang mengandung banyak sekali cerita mistis. Ini merupakan sebuah objek wisata yang berbentuk lubang dari bekas galian tambang yang dilakukan oleh mandor yang berasal dari ranah Jawa yang dipekerjakan oleh Belanda yaitu Mbah Soerono atau yang sering dipanggil dengan Mbah Soero. Lubang ini dikenal sebagai tempat bagi Belanda untuk melakukan tindakan keji dan kekejaman terhadap penduduk pribumi kala itu. Lubang Mbah Suro ini berada di Jalan Muhammad Yazid di kelurahan Tanah Lapang, lembah Segar. Namun untuk menikmatinya, Anda harus mengeluarkan kocek untuk tiket masuk namun sangat terjangkau. Anda bisa menyusuri setiap lubang dan juga ruangan yang ada di dalam lubang ini sepenuhnya hingga bagian terdalam.

Wisata Budaya di SawahLunto, Lembah Segar

• Gereja Katolik Santa Barbara
Setelah menikmati wisata alam dan sejarah, berikutnya Anda akan dibawa untuk melihat wisata budaya yang ditinggalkan sejak lama bertahun-tahun di wilayah ini. Gereja Santa Barbara ini terletak di Jalan Yos Sudarso No, 45, Lembah Segar. Mungkin terdengar biasa karena gereja juga ada dimana-mana namun yang ini berbeda sebab ini merupakan salah satu gereja tertua yang sangat bersejarah dan merupakan peninggalan Belanda semasa penjajahan yang lalu. Bangunannya pun khas Eropa klasik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang melintas bahkan tidak sedikit orang yang berfoto di depan bangunan gereja ini. Tidak sulit untuk menemukannya karena bangunanya yang sangat besar dan megah.

Itu merupakan tiga tempat wisata menarik yang semuanya berada di wilayah kecamatan Lembah Segar di Sawahlunto yang sangat menarik karena semua wisatanya pun lengkap. Bukan hanya bersenang-senang dengan wisata alam melainkan Anda juga akan disuguhkan dengan wisata bersejarah termasuk juga budaya ketika masa penjajahan yang tertinggal.

Tentang PT. Navis Wisata Tour & Travel

PT. Navis Wisata Tour & Travel established license No 20/30-01/PM/III/2006 provides comprehensive Inbound tourist services with qualified travel staffs and a team of experienced tour guides. With the support of our regional network, we are able to fullfill all your requirements in planning a One-stop Package or Multi-destination Tour programmed to Sumatra & Beyond.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »